BEST COFFEE

Minggu, 29 November 2020

Perjalanan Menuju CPNS DKI 2019: Part 2 (Persiapan Seleksi Kompetensi Bidang)

Kenapa part 2 ini bahas persiapan SKB? Artinya, nggak bahas SKB nya dong, ya.... Karena persiapan SKB ini bakalan panjang kalau diceritain. Jadi, yang kira-kira mager bacanya, mending skip aja. Yang nanti bosen di tengah jalan, balik kanan gerak aja. Wkwkwkk.
Persiapan SKB itu dimulai dari seminggu setelah saya tes SKD. Awal Maret kira-kira. Langkah pertama: WA temen yang lolos CPNS 2018. Parah sih ini, yang tadinya nggak pernah chat sama sekali, tiba-tiba nongol pas ada butuhnya 😁😁. Nanya kira-kira harus belajar apa buat SKB, dengan embel-embel begini: belum tentu lolos sih, cuma sambil nunggu pengumuman kayaknya mending prepare deh, daripada ntar ternyata lolos terus nggak ada persiapan apa-apa. Karena emang menurut jadwal dari BKN waktu itu, pelaksanaan SKB cuma berjarak sekian hari dari pengumuman hasil SKD.

Kata temen saya, dia dulu cuma belajar dari grup di Telegram aja. Oke, install Telegram. Berhubung dia nggak rekomen grup apa pun, akhirnya cari-cari sendiri lah. Oiya, sebelumnya juga sempat browsing Google untuk cari-cari soal SKB gitu sih.

Setelah dapat beberapa file soal, akhirnya coba kerjain lah. Cari temen kampus yang sama-sama ikut CPNS. Biar ada partner belajar alias temen yang bisa ditanyain soal-soal wkwkwk. Jadi caranya, kirimin temen file soalnya terus suruh dia kerjain. Nah, ntar tinggal cocokin sama kerjaan sendiri. Ide bagus, kan? Hahaha.

Pengumuman hasil SKD itu jadwalnya serentak 22 - 23 Maret 2020. Tapi DKI baru rilis pengumuman tanggal 24 nya, sekitar jam 2 siang. Dan hasilnya... seriusan sih nggak nyangka. Peringkat pertama di formasi yang saya lamar. Alhamdulillah.




Padahal sempat nggak yakin sih karena yang lamar di formasi saya lumayan, ada 52 orang. Di daerah lain mungkin sampai ratusan ya. Tapi di DKI, untuk guru matematika udah saya pantau dari 97 formasi, cuma sekitar lima sekolah yang banyak pelamarnya di atas 50 orang. Itu pun beberapa sekolah di antaranya butuh lebih dari satu guru. Sekolah lain pelamarnya cuma belasan orang, bahkan ada yang di bawah sepuluh. Jadi, 52 pelamar itu termasuk banyak. 

Oya, menjelang pengumuman hasil SKD, udah ada pengumuman dari BKN bahwa pelaksanaan tes SKB diundur. Ya, karena covid-19. Waktu itu kalau nggak salah ingat, rencana SKB bakal digelar akhir bulan April. Oke lah, masih ada waktu untuk belajar. Juga waktu untuk kepoin profilnya rival 😁😁. 

Saya join di grup kopi sejak 2 April (tahu setelah ubek-ubek chat lama sama temen kampus yang ajakin gabung di grup kopi). Pas masuk grup, rasanya sok iye banget sih. Soalnya di grup yang saya join sebelumnya aja saya sering keteteran buat kerjain soal-soalnya. Lah ini kok gegayaan banget gabung grup baru lagi. Tapi ternyata emang nggak salah jalan join di grup kopi ini. Big thanks buat temen kampus yang ajakin 😊😊. 

Di grup kopi tadinya cuma jadi penyimak aja. Mau ikutan nimbrung rasanya gimana gitu. "Woy, ini tuh isinya guru-guru matematika se-Indonesia gitu. Lah lo siapa?" Kurang lebih begitulah yang terlintas di pikiran saya. Tapi semua itu berubah setelah pak Ardi bilang yang nggak pernah aktif di grup bakal di-kick. Wkwkwk. Serem, euy. Mau nggak mau, akhirnya ikutan nimbrung juga. Lupain dulu deh soal malu dan merasa tidak pantas. Nimbrung sok asyik aja pokoknya, setor muka tiap hari. Walaupun cuma ikut haha-hihi dan lenyap seketika pas udah mulai diskusi soal 😂. 

Akhirnya saya belajar buat kuis di Telegram. Kenapa? Terpaksa, daripada di-kick dari grup. Wkwkwk. Jelek amat ya sifatnya, kalau nggak terdesak, nggak mau belajar. Dan pertama berhasil bikin kuis, saya SS terus saya update status WA. Bangga gitu ceritanya hahaha.

Wacana tes SKB akhir April ternyata sekadar wacana. Kabar burung berikutnya katanya tes digelar abis lebaran (kalau nggak salah ingat lagi ya wkwk). Tambah hari belajar di grup jadi tambah intens. Walaupun belum ada kepastian kapan tes, grup kopi tetap rutin bikin kuis. Tetap semangat diskusi. Tetap semangat bahas soal. Luar biasa sih ini. Salut buat kalian semua, gaes. Prok prok prok....

Tapi saya sendiri sempat agak jenuh sebenarnya belajar. Jujur. Setiap hari kerjain kerjaan rumah selalu diburu waktu biar ada sisa waktu buat belajar malemnya. Sementara tesnya kapan aja belum jelas. Sempat jenuh setiap hari yang dipikirin soal melulu. Yap, selama bulan puasa itu agak mager banget buat belajar hahaha kayak bocah aja. Baru mulai semangat lagi setelah lebaran.

Akhirnya di bulan Juli ada titik terang pelaksanaan SKB. Tanggal 30 Juli mulai ada pengumuman untuk pilih lokasi tes. Ya, karena kondisi sedang pandemi covid-19, peserta bisa pilih sendiri lokasi tes. Jelas saya pilih lokasi Jakarta dong. Dan ternyata lokasinya di BKN Kanreg V, di Ciracas. Alhamdulillah, deket, cuma sekitar tujuh kilometer dari rumah.

Tanggal 18 Agustus, keluar lah jadwal tes SKB. Saya kebagian tanggal 18 September. Wew, tepat sebulan kemudian. Belajar jadi tambah digeber lagi. Tiap kuis diusahakan nggak pernah absen. Tiap hari bergelut dengan ratusan bahkan ribuan chat grup yang menumpuk, yang harus disisir satu per satu biar bisa menyamakan langkah dengan teman-teman grup.

Jadi, persiapan untuk SKB itu panjang waktunya. Dari bulan Maret sampai September. Luar biasa. Bener-bener ya, imbas dari covid segitunya. Tapi bagaimana pun, ada hikmah yang luar biasa juga buat saya. Karena waktu yang panjang itu, saya jadi kenal banyak orang hebat, terutama di grup kopi ini. Saya yang sebelumnya hampir nggak punya teman, alhamdulillah jadi punya banyak teman walaupun cuma virtual. Dan yang bikin saya sangat bersyukur adalah saya bisa belajar banyak hal dari mereka. Luar biasa. Selalu bersyukur menjadi bagian dari grup kopi.

Sampai akhirnya di bulan September. Pertarungan pun segera dimulai.
Teng teng teng... Udah tengah malam, saatnya Cinderella pulang. Wkwkwk lanjut lagi ya, besok. 

2 komentar: