BEST COFFEE

Sabtu, 28 November 2020

Perjalanan Menuju CPNS DKI 2019: Part 1 (Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi Dasar)

Udah niat dari bulan lalu mungkin ya, untuk bikin tulisan semacam ini. Cuma untuk catatan aja sih, berhubung diri ini pelupa dan menurut saya ini adalah salah satu perjalanan hidup yang cukup layak lah ya untuk dikenang (wkwkwkk). Pernah juga baca postingan blog CPNS DKI 2018 dan menurut saya lumayan membantu sih sebagai gambaran saya tentang proses CPNS ini.

Well, saya mulai, ya. 

Dengar kabar bahwa akhir tahun 2019 bakal ada bukaan CPNS awalnya dari sepupu. Awalnya saya nggak mau daftar. Belum apa-apa udah dilema duluan, udah merasa berat duluan kalau ninggalin anak-anak untuk kerja (ini asli ya dari awal kok udah pede banget bakal lolos 😂😂). Kata suami mah coba aja, kan belum tentu lolos juga. Big no! Saya bilang: aku kalau mau daftar, ya bukan untuk sekadar coba-coba. Pasti bakal aku seriusin.

Dan akhirnya 11 November 2019 keluarlah pengumuman formasi CPNS 2019. Pas baca pengumuman, kaget juga ternyata ada 97 formasi guru matematika (kalau nggak salah ingat) yang dibutuhkan. Hampir sama banyaknya dengan tahun sebelumnya, 98 formasi (kalau nggak salah ingat juga 😁). Akhirnya lihat-lihat kan formasinya di mana aja dan ternyata... ada formasi guru matematika di salah satu SMP deket rumah. Akhirnya jadi berpikir ulang untuk ikut daftar atau nggak. And finally... Ok, I'll take it.

Pertimbangan pertama: lokasi sekolah deket rumah, kurleb 2 km, bisa naik angkot dari depan rumah dan dari turun angkot tinggal jalan sekitar 200 meter. Artinya nggak dianter jemput juga nggak masalah, naik ojek juga nggak mahal. Pertimbangan kedua: sekolahnya itu SMP. Kenapa dengan SMP? Otak dan mental saya tidak sanggup untuk ngajar SMA, Kakak 😭😭 Apalagi setelah dua tahun terakhir blas nggak buka buku pelajaran. 

Siap-siap lah untuk seleksi administrasinya. Kebetulan adek ipar ikutan juga, jadi kita riweuh bersama hahaha. Inget banget pas mau submit itu masih bermasalah untuk kecilin file size scan transkrip. Jadi, DKI ini agak ribet ya untuk syarat upload dokumen (setelah membandingkan dengan instansi lain tempat kakak saya melamar). Jadi transkrip size max nya sekian (200 kb kalau nggak salah ingat), ijazah sekian, foto sekian, itu beda-beda tiap dokumen. Nggak dipukul rata gitu. 

Eh iya, jadi inget sebelum urusan unggah-mengunggah ini, saya berurusan dengan TOEFL dulu karena salah satu dokumen yang harus diunggah adalah sertifikat TOEFL enam bulan terakhir atau yang masih berlaku dengan skor minimal 400. Kata temen: 400 itu gampang, Rin. Standar banget. Oke, tujuh tahun yang lalu mungkin nggak masalah (terakhir tes TOEFL 2013 pas PCPM BI dan beruntung bisa tembus 500+). Tapi setelah tujuh tahun nggak bersinggungan dengan bahasa Inggris, nggak yakin sih bisa nyampe 400.

Setelah galau mau tes TOEFL di mana (pengennya cari yang ada 2x kesempatan terus deket rumah wkwk), akhirnya dapet info dari temen ada tes TOEFL online dari ELI GMU. Kata dia, tahun lalu temennya ada yang pakai tes TOEFL online dan bisa lolos administrasi kok. Okelah, akhirnya setelah belajar TOEFL dengan modal aplikasi di hp doang selama dua minggu, daftar lah tes TOEFL. Kelebihan tes online ini selain kita bisa kerjainnya di rumah adalah biayanya murah (cuma 180 rb) dan ada kesempatan  tes tiga kali.

Waktu itu saya tes jam sepuluh malam, nunggu anak-anak tidur dulu, biar bisa konsen. Dan hasilnyaaaa 410 wkwkwkk. Mepet banget, gaes! Tadinya mau tes lagi, tapi kata temen nggak usah, dia aja dulu cuma 407. Tos lah 😂😂

Setelah unggah semua dokumen, submit lah. Lupa deh jam berapa, yang jelas udah tengah malem.

Santai dulu kita sampai tanggal 15 Desember, tanggal keluarnya pengumuman peserta yang lolos administrasi. Belajarnya entaran aja, nunggu ketahuan dulu lolos apa nggak hahahaha. Dan setelah tahu lolos administrasi, baru lah jalan ke gramed, beli buku sakti untuk prepare belajar SKD. Itu lho, buku yang saking tebelnya bisa buat bantal 😂. 

Jadi, start belajar buat SKD itu sekitar minggu ketiga Desember. Tapi ya belajar ala emak-emak rempong beranak dua. Belajarnya nunggu anak tidur. Itu juga kalau nggak ngantuk, nggak capek, nggak encok, dan yang jelas kalau mood nya lagi enak wkwkwk.

Kalau ada yang nanya cara belajarnya kayak gimana baiknya, ya balik lagi sih ke cara belajar tiap orang beda-beda. Jadi ya senyamannya aja. Kalau saya kebetulan tipe orang yang lebih suka belajar pakai buku sambil pegang pulpen buat rangkum. Tipe jadul lah pokoknya. Baru mulai bulan Februari kayaknya coba ikutin saran dari kakak untuk belajar dari youtube. Ditunjukin juga tuh channel mana aja yang bisa jadi sumber belajar. Tapi berhubung saya malah ngantuk dengerin youtuber-nya, jadi saya lebih sering pause videonya pas bagian soal, terus screenshoot, terus cepetin videonya ke next soal. 

Jadwal tes SKD keluar tanggal 4 Februari 2020. Dan ternyata saya kebagian jadwal di hari terakhir tes untuk DKI, hari Minggu tanggal 23 Februari. Kebagian lokasi tes di kantor walikota Jakarta Selatan. Kebetulan tanggal dan lokasi tes barengan sama adek ipar: dia sesi pertama, saya sesi kedua. Serombongan lah jadinya pas berangkat tes. Saya, adek, suami, ibu mertua, dan yang pastinya anak-anak.

Oke, masuk lah ke ruang tes. Santai. Nggak ada tegang-tegangnya. Tapi begitu tes dimulai dan baca soal pertama: oke, skip dulu. Tenang, next soal pasti bisa kok. Soal berikutnya: oke, skip lagi. Nggak apa-apa, cuma dua soal yang diskip, soalnya kan ada seratus. Begitulah kata saya dalam hati, untuk menghibur diri sendiri. Btw, saya mulai kerjakan urut dari awal, dari TWK. 

Masuk ke soal TIU. Bocoran dari sepupu sama kakak yang udah tes duluan, katanya sih kebanyakan soal figural, bisa sampai sepuluh nomor. Ampun deh! Paling lemah sama soal model begitu. Apalah saya yang kalau ngerjain soal begituan di buku, malah bukunya yang saya puter-puter. Akhirnya banyak skip lah di soal figural. Asli yang tadinya santuy banget sebelum tes, terus langsung yang panik stress gitu. Keinget suami sama anak-anak yang lagi nunggu di mesjid. Keinget selama belajar buat tes ini suka nggak sabaran sama anak-anak karena perasaan diburu-buru waktu terus harus belajar. Dan nggak kebayang aja kalau hasilnya mengecewakan. 

Lanjut ke TKP, lancar jaya ngerjainnya. Karena apa? Karena saya yakin nggak akan ada waktu untuk balik ngerjain lagi kalau saya skip soal TKP (karena TWK dan TIU udah kebanyakan yang diskip, sekitar delapan belas nomor). Setelah selesai TKP, balik lagi ke TWK dan TIU. Dan akhirnya sisa waktu delapan menit kalau nggak salah ingat. Delapan menit itu klik nomor soal secara random, niatnya sih ngoreksi gitu. Kenapa random? Karena saya nggak sempat catat soal mana aja yang saya jawabnya ragu-ragu sebelumnya. Nah akhirnya ketemu lah satu soal TKP yang meragukan. Dan akhirnya setelah saya pantengin terus soalnya, saya klik ubah jawaban dalam sepuluh detik terakhir. 

Selesai. Waktu habis. Keluar lah skor akhir: 431. TWK 110, TIU 160, dan TKP 161 (ini nggak hapal sebenernya, barusan nyontek pengumuman SKD dulu wkwk). Rasanya tuh kayak pengen nangis dapet skor segitu. Kenapa? Karena dari sebelum tes mikirnya tuh: oke lah, skor di atas passing grade aja udah bagus, Rin, nggak usah muluk-muluk. 

Keluar ruang tes, menuju tempat penitipan  tas. Pas di dalem lift ketemu sama suami dan katanya saya peringkat kedua di tes sesi kedua tadi. Langsung inget skor SKD tahun 2014 yang juga peringkat kedua di sesi tes waktu itu. Tapi nyatanya gagal di SKB. Jadi, jangan terlalu seneng dulu lah. 

Btw sebenarnya ini tuh mau nulis pengalaman melalui proses seleksi CPNS atau curhat sih? Wkwkwk... Maafkan ya kalau tulisan ini tidak sesuai dengan ekspektasi, tidak memuat tips dan trik atau semacamnya. Apalah saya yang cuma bisanya curhat dan susah banget untuk ngomongin yang serius-serius. 

Ini judulnya part 1, tapi apa bakal ada yang mau baca part berikutnya kalau ternyata isinya cuma curhatan emak-emak macam ini? 😂😂


3 komentar: